Recent Posts

Jumat, 27 Agustus 2010

Santo Santa

Kata Santa dan Santo berasal dari bahasa Latin 'sanctus', yang artinya "suci, kudus". Dalam bahasa Inggris, kata 'sanctus' diterjemahkan menjadi "saint". Kamus American Heritage mempunyai beberapa definisi kata "saint". Salah satu diantaranya mendefinisikan kata "saint" sebagai "seorang yang amat kudus". Kudus berarti "berbudi luhur". Belas kasihan serta iman adalah contoh budi yang luhur.

Jadi, seorang santa / santo adalah seorang yang sangat baik, penuh belas kasihan dan iman. Seorang santa / santo sejati adalah seorang yang mempunyai kebiasaan berbuat baik bagi sesama. Kamus tersebut juga mengatakan bahwa definisi kata "saint" berarti "seseorang yang telah berada di surga."

Kedua definisi di atas adalah bagian dari definisi kata "saint" oleh Gereja Katolik. Seorang santa / santo bagi kita adalah seorang yang amat kudus yang telah berada di surga. Mungkin ada banyak juga santa dan santo dalam keluargamu, sanak saudara atau teman yang telah berada di surga.

Tetapi, Gereja seringkali menunjuk seorang santa / santo istimewa dengan "kanonisasi". "Kanon" adalah daftar resmi, misalnya daftar hukum atau daftar santa / santo. "Kanonisasi" adalah proses peresmian seseorang yang telah meninggal diangkat menjadi Santa / Santo. Santa / Santo yang telah dikanonisasi adalah sebagian dari pahlawan-pahlawan Gereja - seseorang yang menjadi teladan bagi umat beriman lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar